Kerinduan-KU


Dinginnya Malang dan lembang tlah kulewati
Geloranya laut tlah ku arungi
Begitu bersemangatnya diri-ku
Melewati semua badai hanya untuk mengenal-Mu

Bagaikan setetes air sejuk
Untuk tenggorokan yang dahaga
Demikian indahnya senyum-Mu
Bagi jiwa-ku yang merana

Hangatnya mentari di pagi hari
Indahnya bunga di taman
Demikian hangatnya sinar mata-Mu serta
Indahnya tawa-Mu

Serasa tiada ber-arti melewati hidup ini
Tanpa kehadiranmu
Merah bibirmu, manis tutur katamu
Membuat tulang-tulangku menjadi kuat kembali

Bunga tak akan mekar tanpa kehadiran matahari
Tulangku takan menjadi kuat tanpa candamu
Selalu dan selalu kuinginkan
Kehadiran-Mu di setiap nafas yang ku hembuskan

Dipublikasi di Puisi, Uncategorized | Tag | Meninggalkan komentar

Latihan 3


Latihan 3

Latihan 3 adalah Lanjutan latihan Design Menggunakan AutoCad dari gambar-Gambar sebelumnya yang di tulis oleh penulis

Dari tampak atas buatlah Lingkaran A Ø 5, B Ø 4, D segi empat berukuran 1 dan D Segi Enam Berukuran 2 (gambar 3.1)

CIRCLE

Command: c (enter)

CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: Klick sembarang di layar

Specify radius of circle or [Diameter]: d (enter)

Specify diameter of circle: 5 (enter)

Command: c (enter)

CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: Klick di tengah lingkaran A

Specify radius of circle or [Diameter] <2.5000>: d (enter)

Specify diameter of circle <5.0000>: 4.5  (enter)

Gambar 3.1

POLYGON

Command: pol (enter)

POLYGON Enter number of sides <4>: (enter)

Specify center of polygon or [Edge]: Klick Tengah Lingkaran

Enter an option [Inscribed in circle/Circumscribed about circle] <I>: (enter)

Specify radius of circle: 1 (enter)

 

Command: pol (enter)

POLYGON Enter number of sides <4>: 6 (enter)

Specify center of polygon or [Edge]: Klick Tengah Lingkaran

Enter an option [Inscribed in circle/Circumscribed about circle] <I>:(enter)

Specify radius of circle: 2 (enter)

Klick SE Isometric (lihat Latihan 2)

Klick Kiri pada Segi enam terus klick kanan Pilih Properties

Maka akan tampil Properties seperti gambar di samping

Pilih Elevation masukan angka 2 pada Elevation Enter.

Tekan Esc, Pilih lingkaran A pada sumbu Z (Center z)masukan angka 1. Tutup kotak properties

Sekarang kita akan mengextrude setiap lingkaran serta segi empat dan enam

EXTRUDE

Command: ext (enter)

EXTRUDE

Current wire frame density:  ISOLINES=4

Select objects: Klick Lingkaran A

Select objects: 1 found

Select objects: (enter)

Specify height of extrusion or [Path]: 5(enter)

Specify angle of taper for extrusion <0>:(enter)

Command: ext (enter)

EXTRUDE

Current wire frame density:  ISOLINES=4

Select objects: Klick segi Enam

Select objects: 1 found

Select objects: (enter)

Specify height of extrusion or [Path]: 4(enter)

Specify angle of taper for extrusion <0>:(enter)

 

Command: ext (enter)

EXTRUDE

Current wire frame density:  ISOLINES=4

Select objects:Klick segi empat

Select objects: 1 found

Select objects: (enter)

Specify height of extrusion or [Path]: 2 (enter)

Specify angle of taper for extrusion <0>:(enter)

Command: ext (enter)

EXTRUDE

Current wire frame density:  ISOLINES=4

Select objects:Klick Lingkaran B

Select objects: 1 found

Select objects: (enter)

Specify height of extrusion or [Path]: 1(enter)

Specify angle of taper for extrusion <0>:(enter)

 

Sekarang kita akan menyatukan lingkaran A dan B

Union

Command: uni (enter)

UNION

Select objects: Klick lingkaran A

Select objects: 1 found

Select objects: Klick lingkaran B

Select objects: 1 found, 2 total

Select objects: (enter)

Sekarang kita akan melubangi lingkaran agar berbentuk Shock

SUBTRACT

Command: su (enter)

SUBTRACT Select solids and regions to subtract from ..

Select objects: Klick Lingkaran AB yg uda di satukan

Select objects: 1 found

Select objects: (enter)

Select solids and regions to subtract ..

Select objects: Klick segi empat dan segi enam

Select objects: 1 found

Select objects: 1 found, 2 total

Select objects: (enter)

 

Klick Gouraud Shaded dan 3D orbit (Lihat latihan 2) dan gerakan mouse untuk mendapatkan  hasil View yang sesuai dengan anda ingini.


Dipublikasi di AutoCad 3D, Uncategorized | Tag | 2 Komentar

Latihan AutoCad 1


Tampilan AutoCad 2007

Perhatikan gambar di bawah ini (Gambar 2.1)

Penulis akan menerangkan cara menyelesaikan gambar 2.1

Perhatikan Demensi pada gambar 2.2

Klick Top untuk mengaktifkan Tampak atas

Klick 2D Wireframe

Pada status command ketik RECTANG atau cukup ketik Rec (enter)

Command: REC (enter)

Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (Klick sembarang pada layar yang berwarnan hitam)

Specify other corner point or [Area/Dimensions/Rotation]: @20,25 (enter)

Zoom

Command: z (enter)

Specify corner of window, enter a scale factor (nX or nXP), or

[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object] <real time>: e (Enter)

Gambar 2.1

Gambar 2.2

Sekarang kita akan menggambar lingkaran (circle)

Aktifkan  POLAR,OSNAP (klick osnap dan polar sampai muncul ON pada Command Line)

CIRCLE

Command: C (enter)

CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]:

Arahkan kursor ke tengah  garis A1-C sampai muncul tanda midpoint (sentuhkan kursor pada garis tengah A1-C)

terus arahkan kursor ke tengah  garis A-B sampai muncul midpoint  (seperti gambar 2.2 Kanan))

KLICK di tengah-tengah pertemuan garis Midpont

Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: d (enter)

Specify diameter of circle <0.0000>: 5 (enter)

Catatan

Kalau tidak  mengetik “D” pada Specify radius of circle or [Diameter] Tapi langsung memasukan angka 5 maka hasil yang akan di tampilkalkan Berupa  Radius 5. (diameter 10)

FILLET

Command: f (Enter)

Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: r (enter)

Specify fillet radius <0.0000>: 3 (enter)

Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: M  (enter) Klick garis A dan  A1, Klick garis B dan B1, Klick Garis C dan C1 Klick Garis D dan D1 (Enter)

Catatan

Tambahan “M” dalam Perintah Fillet hanya untuk memperbanyak hasil Fillet..

Apabila pada  “Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]”:Enter (dan mengklick garis A dan A1) ini hanya akan menghasilkan satu kali Fillet dan tidak bisa di gandakan

Gambar 2.3

 

Klick SW Isometric

EXTRUDE

Command: EXT (Enter)

Select objects to extrude: Klick Lingkaran dan kotak  Enter

 

Specify height of extrusion or [Direction/Path/Taper angle] <0.0000>:5 (Enter)

Hasilnya akan seperti Gambar 2.3

Kita akan melubangi Kotak tersebut

SUBTRACK

Command: su (Enter)

Select objects: Kilck Kotak Terluar dan tekan Enter

Select objects: Klick Lingkaran ( titik E) enter

Skarang kita akan membuat Radius pada titik E

FILLET

Command: f (Enter)

Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: r (enter)

Specify fillet radius❤.0000>: 3 (enter)

Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: Klick titik E (Enter)

Enter fillet radius❤.0000>:Enter

Select an edge or [Chain/Radius]:Enter

Klick Realistic Visual Style maka hasil gambar akan sesuai dengan gambar 2.1

Klick Free Orbit dan klick Kiri pada gambar.  gerakkan mouse sesuai dengan selera anda untuk menentukan sudut  pandang.

Dipublikasi di AutoCad 3D, Uncategorized | Tag | Meninggalkan komentar

Memori Transcend


Transcend 16

Sekedar Share Buat Kita Semua Mengenai Memori,

 

Bagi yang ingin tahu kecepatan, fungsi dan cara kerja memori, semoga penjelasan berikut menambah pengetahuan dalam memilih memori baik itu MicroSD, SDcard dsb untuk kebutuhan mobile phone, camera dll

Memori, Memori Class, memori class UHS-1

Di setiap memori selalu ada kapasitas/ daya tampung data. Semakin besar nilai memori semakin banyak data yg bisa ditampung.

Kali ini saya contohkan memori 16 GB = 16.000 MB sampai disini apa uda paham…? hehehehe… Kalo blm saya coba contohkan lagi.

Contoh lagi, Seandainya 1 Mp3/lagu = 4 MB.
Maka memori 16GB bisa menampung/ menyimpan 4.000 buah lagu. Dari segi penyimpanan qta uda paham,

Sekarang qta bahas mengenai segi kecepatan.
Di dalam memori ada beberapa tingkatan kecepatan. Kecepatan dalam dunia memori disebut “class”.

Kalau suatu memori tidak mempunyai  “class”,  maka sulit untuk menentukan berapa cepat memori ini memindahkan data/ menampung data.

Biasanya memori yg  tidak ada “class” adalah memori yang pertama kali keluar.

Saat ini memori  yang  paling cepat adalah memori Class 10 + Ultra High Speed (UHS)

Contoh di memori Transcend ada tulisan 8GB Class 10, ini berarti daya tampung memori sebanyak 8GB atau 8.000MB dan kecepatan memindahkan data sebanyak 10MB per detik.

Simpelnya gini,
Memori merek TRANSCEND  8GB class 4.
Perhatikan,  “class 4” ini berarti kecepatan memindahkan data sebesar 4MB/s atau 4MB per detik.
Jadi untuk memindahkan 8GB atau 8000 MB data di memori class 4 dibutuhkan waktu 8000:4 = 2000 detik atau 33.3 menit ( waktu yang cukup lama).

Begitu juga dengan class 10
Class 10 yg di maksud adalah kecepatan memindahkan data sebesar 10MB/s ( 10MB/ detik).
Semakin tinggi class semakin cepat data dipindahkan/ditampilkan.

Dan memori yang paling cepat saat ini di sebut dengan Class10 ULTRA HIGH SPEED atau Class 10 UHS-1.

* MicroSDHC UHS-1
Memori Ultra High Speed mempunyai kemampuan untuk memindahkan data dengan kecepatan 30 MB/s  sampai ratusan MB/detik.

Perhatikan gambar Memory Transcend,
Tertera tulisan up to 60MB/s, artinya  kecepatannya hingga 60 MB/detik
Jadi   untuk memutar video, lagu atau melakukan  rekam suara dan rekam gambar (video) , belilah memori yg classnya cukup untuk mobile phone, camera, video shooting, dll.

Terkadang HP,kamera, handycam,video/ camera shooting, dll lambat kerjanya bukan karena kurang besarnya kapasitas memori melainkan karena class memorinya terlalu kecil sehingga lambat dalam memindahkan data atau menampilkan file/ data yang diminta.

Kalau kita menyimpan video, foto, file, dll di microSD dan sewaktu dibuka loadingnya lama, itu belum tentu hpnya/ alatnya, bisa saja cara kerja MicroSD yg lambat dalam menampilkan data yang diminta.

Semoga Penjelasan di atas menambah wawasan kita dalam memilih Memory

 

 

Penulis Gusti P

Toko Online Alef

 

https://www.tokopedia.com/alef/microsd-micro-sd-16-gb-class-10-uhs-1

Dipublikasi di MicroSD, Uncategorized | Meninggalkan komentar

Anak Manusia


Anak Manusia

Tetesan tetesan darah mengalir
mengiringi pergulatan Anak manusia
biarlah cawan ini dilalukan dariku
Bukan kehendakku melainkan KehendakMu Jadilah

 

Seperti domba yang di bawa ke pembantaian
Tanpa bersuara dan pembelaan
semua Tuduhan Terarah padaMu
Tajamnya tombak, cambuk serta duri
merobek Daging yang masih hidup
dan tak bersalah

Kau membungkam semua mulut dengan pengorbananmu
tidak mencela, tidak mengharapkan siapapun
Semuanya kau Lakukan Hanya untuk manusia
Trimakasih Yeshua Buat semua pengorbananMu

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Latihan 2 AutoCad


Kalau untuk soal Latihan 1 Penulis menggunakan AutoCad 2007

Kali ini Penulis Menggukan AutoCad 2006. Di sebabkan Karna Komputer Penulis Mengalami Penurunan Spec yang tidak mendukung AutoCad 2007. Tapi Tidaklah menjadi masalah buat penulis untuk membantu para pemula yang berkeinginan untuk belajar AutoCad.

Fitur-fitur yang ada pada AutoCad 2006 tidaklah Jauh Berbeda Dengan AutoCad 2007.  Pada AutoCad 2007 memang ada penambahan beberapa fitur yang sangat membantu dan lebih mudah di pakai dalam design suatu Benda bila di bandingkan dengan AutoCad 2006…

Perhatikan Gambar Galon di atas Penulis akan menjelaskan cara menggambar galon tersebut.

Perhatikan Gambar 2.1 kita akan mulai menggambar dari titik H1. Penulis akan menjelaskan cara menyelesaikan Galon dengan beberapa Perintah menggunakan Command  LINE .agar dapat memahami kegunaan dari Command line

Aktifkan POLAR (F10) dan OSNAP (F3) dengan cara klick POLAR & OSNAP sampai ON atau tekan F10 dan F3. Klick kanan pada Osnap -Setting dan cawang Endpoint,midpoint, Centerpoint, Intersection dan Extension-OK

LINE

Command: L (Enter)

LINE Specify first point:Klick sembarang pada layar

Specify next point or [Undo]: @30<90 (Enter)

Specify next point or [Undo]: @10<180 (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: @200<270 (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: @70<0 (enter)

Perintah ini berakhir di A1 selanjutnya kita tidak akan menggunakan ‘’@’’ & ‘’<’’ tapi cukup mengarahkan kursor ke atas,kiri dan kanan

 

Arahkan Kursor ke  atas sampai muncul garis Polar Putus-putus

Specify next point or [Close/Undo]: 20 (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan kursor ke kiri (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan  kursor ke kanan (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan kursor ke kiri (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan  kursor ke kanan (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan kursor ke kiri (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan  kursor ke kanan (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: c (enter)

Klick Garis tengah yang panjangnya 200 dan tekan delete untuk menghapus garis tersebut sampai gambar anda sesuai dengan gambar 2.1

Gambar 2.1

Sekarang kita akan membuat radius pada sudut galon menggunakan perintah FILLET

FILLET

Command: F

Current settings: Mode = TRIM, Radius = 0.0000

Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: r (Enter)

Specify fillet radius <0.0000>: 2 (Enter)

Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: Klick garis A

Select second object or shift-select to apply corner: Klick garis A1

 

Command: f

Current settings: Mode = TRIM, Radius = 2.0000

Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: r (Enter)

Specify fillet radius <2.0000>: 1 (Enter)

Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: m (Enter) Klik garis A1

Select second object or shift-select to apply corner: Klick garis B

Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]:Klick garis B

Select second object or shift-select to apply corner: Klick garis B1

Lakukan ini pada semua sudut galon: B1-C, C-C1, C1-D, D-D1, D1-E, E-E1, E1-F, F-F1, F1-G, G-G1 dengan Radius 1

Untuk garis G1-H dan H-H1 beri ‘’ r’10

Langkah selanjutnya kita akan menyatukan setiap garis yang ada. Karena garis yang menggunakan perintah Line belum menjadi satu kesatuan


Gambar 2.2

Kita akan menggunakan perintah PEDIT untuk menyatukan gambar 2.2

PEDIT

Command: pe (Enter)

PEDIT Select polyline or [Multiple]: m (Enter)

Select objects:  Klick Titik C

Specify opposite corner: Klick titik D

Specify opposite corner: 31 found

Select objects: (Enter)

Convert Lines and Arcs to polylines [Yes/No]? <Y> (Enter)

Enter an option [Close/Open/Join/Width/Fit/Spline/Decurve/Ltype gen/Undo]: j (Enter)

Join Type = Extend

Enter fuzz distance or [Jointype] <0.0000>: (Enter)

30 segments added to polyline

Enter an option [Close/Open/Join/Width/Fit/Spline/Decurve/Ltype gen/Undo]: (Enter)

Offset

Command: o (Enter)

OFFSET

Current settings: Erase source=No  Layer=Source  OFFSETGAPTYPE=0

Specify offset distance or [Through/Erase/Layer] <Through>: 1 (Enter)

Select object to offset or [Exit/Undo] <Exit>: Klick garis A-B

Specify point on side to offset or [Exit/Multiple/Undo] <Exit>: Klick daerah A1-B1

Select object to offset or [Exit/Undo] <Exit>: (enter)

Gunakan Command Line untuk menambah garis pada A-A1 dan B-B1 kemudian gunakan perintah PEDIT sekali lagi untuk menyatukan semua garis yang ada.

Apabila gambar anda benar hasilnya kira-kira seperti gambar 2.2 kiri

Kita akan menjadikan gambar 2D menjadi 3D. perhatikan gambar 2.3 di bawah ini

 

 

 

 

Gambar 2.3

Klick SE Isometric maka tampilan gambar akan seperti gambar 2.3 selanjutnya beri perinta REVOLVE.

 

REVOLVE

Command: rev (Enter)

REVOLVE

Current wire frame density:  ISOLINES=4

Select objects: Klick garis galon

Select objects: 1 found

Select objects: (enter)

Specify start point for axis of revolution or

define axis by [Object/X (axis)/Y (axis)]: Klick titik A ( pada ujung garis)

Specify endpoint of axis: Klick  garis B (sampai muncul Garis polar baru Klick)

Specify angle of revolution <360>: 360 (enter)

Catatan

Apabila  (Specify angle of revolution <360>) di beri 180 maka akan menghasilkan Posisi galon yang terpotong/ separu

Gamabr 2.4

Klick Gouraud Shaded untuk menapilkan gambar solid

Klick 3D Orbit dan klick kiri gerakan mouse sesuai selerah hingga membentuk gambar seperti  gambar 2.4

 

Gambar Galon di atas Penulis akan menjelaskan cara menggambar galon tersebut.

Perhatikan Gambar 2.1 kita akan mulai menggambar dari titik H1. Penulis akan menjelaskan cara menyelesaikan Galon dengan beberapa Perintah menggunakan Command  LINE .agar dapat memahami kegunaan dari Command line

Aktifkan POLAR (F10) dan OSNAP (F3) dengan cara klick POLAR & OSNAP sampai ON atau tekan F10 dan F3. Klick kanan pada Osnap -Setting dan cawang Endpoint,midpoint, Centerpoint, Intersection dan Extension-OK

LINE

Command: L (Enter)

LINE Specify first point:Klick sembarang pada layar

Specify next point or [Undo]: @30<90 (Enter)

Specify next point or [Undo]: @10<180 (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: @200<270 (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: @70<0 (enter)

Perintah ini berakhir di A1 selanjutnya kita tidak akan menggunakan ‘’@’’ & ‘’<’’ tapi cukup mengarahkan kursor ke atas,kiri dan kanan

 

Arahkan Kursor ke  atas sampai muncul garis Polar Putus-putus

Specify next point or [Close/Undo]: 20 (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan kursor ke kiri (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan  kursor ke kanan (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan kursor ke kiri (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan  kursor ke kanan (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan kursor ke kiri (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 5 arahkan  kursor ke kanan (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: 20 arahkan kursor ke atas (enter)

Specify next point or [Close/Undo]: c (enter)

 

 

freme.bmp

Klick Garis tengah yang panjangnya 200 dan tekan delete untuk menghapus garis tersebut sampai gambar anda sesuai dengan gambar 2.1

Dipublikasi di AutoCad 3D | Tag | 2 Komentar

Tujuan Hidup II


Apa karena kritikan dari keluarga, teman, tetangga, atau orang lain sihingga membuat anda.. kalah/ mental anda runtuh, hanya karena tujuan hidup yang anda pilih itu sangat bertentangan dengan logika banyak orang. yang selalu mencibir anda…

Seandainya Thomas Alfa Edison tidak tekun dengan uji coba menciptakan bola lampu, saya sangat yakin tidak ada sejarah yang mendengungkan namanya hingga saat ini….

Thomas Alfa edison ingin membungkam teman-tamannya, yang menganggap enteng dirinya, yang selalu beranggapan edison adalah orang bodoh yang tidak naik kelas, Edison ingin membuktikan dengan bertekun kita bisa meraih apa yang kita inginkan…Selama jalan yang kita lalui sesuai dengan apa yang Tuhan Inginkan,…

Jangan pernah menyerah selama mimpi/impian  anda belum menjadi kenyataan, anda akan menjadi orang yang menciptakan sejarah apabila anda memutuskan untuk berjuang…bukan menjadi orang yang bercerita tentang sejarah….

Pergaulan Buruk Merusak Kebiasaan Yang baik

anda akan sukses apabila anda di kelilingi dengan orang-orang yang sukses, maksut dari perkataan di atas adalah coba belajar dengan orang yang berhasil, dalam usa yang dia tekuni apa yang membuat dia bisa berhasil, yang yang menjadi kunci keberhasilan orang tersebuat, anda tidak usah menanyakan kunci keberhasilan orang tersebut

Anda cukup melihat cara dia berbicara, cara dia bekerja, cara dia menyelesaikan permasalahan yang di hadapi dan solusi-solusi yang di berikan…serta menjadi teman orang yang sukses

Tanpa anda sadari pola pemikiran orang tersebuat akan mempengaruhi anda, semua itu hanya dari bergaul, kalau anda memutuskan bergaul dengan orang jahat anda akan menjadi jahat, kalau anda memutuskan untuk bergaul dengan Orang yang baik anda akan menjadi orang baik, kenapa banyak anak mudah terkenah Narkotik, ya karna teman mereka mengidap narkotik, …

Dipublikasi di One Way | Meninggalkan komentar